Detil Penelitian

Metode Marketing Mix Dan Analisis SWOT Dalam Penyusunan Strategi Bersaing Pada IKM Keripik Tempe Ayudy

  • WAHYU MAULANA SE. MM  2020  MANAJEMEN  Rp. 500,000,-

Deskripsi: Industri kecil menengah (IKM) merupakan salah satu sektor riil yang menjadi favorit masyarakat untuk bersaing menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Sektor ini juga menjadi landasan yang kuat bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan perekonomian daerah yang mandiri. Hal inilah yang menjadi alasan banyaknya IKM yang bermunculan dan didominasi oleh kaum milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing dengan metode bauran pemasaran dan analisis SWOT pada salah satu IKM keripik tempe. Jenis penelitian kualitatif dan wawancara langsung merupakan hal-hal yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi IKM Ayudy berada pada kuadran I pada analisis SWOT dimana strategi yang tepat untuk bersaing adalah dengan menggunakan strategi agresif. Ayudy IKM akan memanfaatkan peluang bisnis yang terbuka dengan fokus pada kekuatan produknya. Strategi bersaing terbagi dalam bauran pemasaran dimana penerapannya meliputi strategi produk dengan melakukan produk inovatif, hal ini dirasa tepat karena untuk mengatasi kejenuhan konsumen agar konsumen tetap nyaman dengan produk dari IKM Ayudy; strategi penetapan harga dilakukan dengan menerapkan harga grosir, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penjualan secara cepat; strategi lokasi dengan membuka gerai penjualan yang ditujukan langsung kepada konsumen terutama yang berada jauh dari rumah produksi; dan tentunya strategi promosi melalui media sosial yang membuat produk lebih dikenal dan berdampak pada peningkatan penjualan

Keyword: Bauran pemasaran, Analisis swot dan Strategi bersaing

File: Klik Untuk Donwload